text berjalan

align="center" behavior="alternate" width="90%"> beni creative

Minggu, 31 Maret 2013


P.MULTIMEDIA 2
TUGAS 1
MEMBUAT LOGO MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8
TUJUAN
·         Agar mahasiswa memahami konsep-konsep mengunakan macromedia flash 8
·         Agar mahasiswa mampu membuat karya sendiri dengan menggunakan macromedia.
·         Agar mahasiswa mengetahui tools-tools yang ada pada macromedia flash 8.

LANDASAN TEORI

Macromedia Flash merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain dan membangun perangkat presentasi, publikasi, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan ketersediaan sarana interaksi dengan penggunanya. Proyek yang dibuat dengan Flash bisa terdiri atas teks, gambar, animasi sederhana, video, atau efek-efek khusus lainnya. Di bawah ini adalah Logo Flash Professional 8 :
Aplikasi ini diproduksi oleh Macromedia Corporation, sebuah perusahaan pengembang perangkat lunak dalam bidang animasi, pengembangan sistem web dan multimedia. Flash dikembangkan 2 sejak tahun 1996, dan pada walnya hanyalah merupakan program animasi sederhana GIF Animation, tetapi sekarang sudah berkembang menjadi apkilasi raksasa yang digunakan oleh hampir semua orang yang menekuni bidang desain dan animasi berbasis komputer. Sampai saat ini, Macromedia Flah telah dikembangkan dalam beberapa versi. Setelah sampai pada versi Flash 6, muncul teknologi Flash 7 yang dikenal dengan nama Macromedia MX dan yang terakhir sampai saat penulisan buku ini adalah Flash versi 8 atau dikenal dengan Macromedia Flash Professional 8. Macromedia Flash merupakan aplikasi interaktif dengan berbagai kelebihan. Beberapa faktor yang mendukung kepopuleran Flash sebagai sebuah aplikasi untuk keperluan desain dan animasi antara lain adalah memiliki format grafis berbasis vektor, kapasitas file hasil yang kecil, memiliki kemampuan tinggi dalam mengatur interaktivitas program, memiliki kelengkapan fasilitas dalam melakukan desain, dan sebagainya.

 Langkah Kerja
  1. Buka software Adobe Macromedia Flash 8,kemudian klik file dan klik new.


     2.      Kemudian klik flash document dan kemudian tekan ok.

3.      Kali ini untuk pertama kita gunakan

4.      Kita buat bentuk dan ukuran dengan menggunakian Oval tool sesuai dengan yang kita inginkan,seperti terlihat pada gambar dibawah.untuk mempermudah pekerjaan kita ,kita non aktifkan stroke color/garis luar dari gambar yang akan kita buat.kemudian


5.      Untuk langkah selanjutnya kita akan mengunakan masih menggunakan oval  tool,sebelum kita menggunakanya ,lebih baik kita mengganti fill colornya terlebih dahulu.fill color selanjutnya yaitu warna hitam.

6.      Kali ini kita akan menggunakan brush tool,dengan menggunakan tool ini kita akan bisa membuat /mendesain gambar seperti kita melukis sendiri.tampilan berikut adalah contoh pengaplikasian brush tool.

7.      Langkah selanjutnya kita akan menggunakan regtangular tool,untuk contoh seperti pada terlihat di gambar ini:

8.      Untuk tool yang selanjutnya yaitu Text tool,dibagian ini kita akan menginisialisasi ataupun bisa dikatakan memberikan nama dari icon atau logo yang kita buat pada gambar dibawah ini,berikut adalah tampilannya:

9.      Setelah kita selesai membuat logo,maka langkah kita selanjutnya yaitu meng group-kan gambar yang sudah jadi tadi agar menjadi satu dan tidak terpisah-pisah.
Untuk menggroup-kannya carana yaitu :blok semua gambar yang telah selesai kita buat tadi,kemudian klik Modify yang ada di menu bar flash layer àpilih group,maka selesailah kita membuat logo.


10.  Gambar dibawah adalah hasil akhir logo yang telah kita buat tadi.




Kesimpulan
  • Terdapat beberapa tool yang sangat intim atau bisa dikatakan sering di gunakan pada macromedia flash 8 untuk membuat,icon,logo,gambar dan bentuk jenis grafis lainnya,
  • Tool-tool tersebut adalah seperti Oval tool,Regtangular tools,text tool,eraser tool,brush tool,dan lainnya.
  • Didalam pembuatan logo tadi dibutuhkanlah yang namanya seni dan kreativitas,karna tanpa seni dan kreativitas gambar tidak akan terlihat bagus rapi,dan indah.
  •  Warna yang digunakan didalam pembuatan logo ini adalah hitam,putih,dan biru.
  • Setelah selesai membuat logo,maka hendaknya kita mengroupkan logo menjadi satu.yaitu dengan cara klik modify dan pilih group.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar